Sabtu, 09 November 2019

Sering Dipandang Sebelah Mata, Beginilah Manfaat Perjanjian Pranikah

Menikah adalah sesuatu yang sakral, di mana seorang pria dan wanita diikat dalam sebuah ikatan atas nama Tuhan. Ketika menikah, tentu tidak ada seorang pun yang mengharapkan perceraian. Semua orang akan berdoa supaya mereka hanya menikah satu kali sampai mati. Perceraian dianggap hal tabu untuk dibicarakan, sehingga terkadang membuat perjanjian pranikah atau prenuptial agreement, sering dianggap tidak etis untuk dikatakan. Sebagian besar orang masih berpikir jika perjanjian ini seakan membuat kita hitung-hitungan, padahal menikah seharusnya dilandasi kepercayaan.

Sering Dipandang Sebelah Mata, Beginilah Manfaat Perjanjian Pranikah

Namun, apakah memang demikian?

Hal-Hal yang Diatur dalam Perjanjian Pranikah
Dalam undang-undang pernikahan sendiri, sudah ada peraturan yang ditulis secara resmi oleh negara untuk melindungi setiap warga negara yang menikah. Namun, hal-hal tersebut tentu tidak mencatat hal-hal kecil secara terperinci, sehingga terkadang jika ada permasalahan dalam rumah tangga, masalah tersebut tidak bisa diperkarakan ke hukum secara jelas.

Perjanjian pranikah biasanya mengatur mengenai pembagian harta antara suami dan istri, masing-masing harta mendapat porsinya sendiri-sendiri. Hal ini bisa untuk melindungi suami maupun istri apabila ada kejadian yang tidak diinginkan. Misalnya, suami memiliki hutang kepada seseorang yang mengharuskan hartanya harus disita semua. Dengan adanya perjanjian pranikah yang resmi, maka harta yang dimiliki istri tidak akan ikut disita, karena beda kepemilikan.

Hal lain yang biasa ditulis dalam perjanjian pranikah adalah masalah hak dan kewajiban masing-masing pasangan. Komitmen-komitmen yang direncanakan sebelum nikah tersebut akan diawasi dalam sebuah perjanjian, dan dapat membuat suami atau istri selalu ingat tentang tujuan awal pernikahan mereka. Tentu saja hal ini akan mengurangi risiko adanya konflik kelak, dan jika memang ada konflik, penyelesaiannya akan lebih matang.

Manfaat Penting Perjanjian Pranikah
Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, bahwa perjanjian pranikah ini bermanfaat untuk melindungi harta masing-masing pasangan dan juga hak serta kewajiban kedua belah pihak. Apabila disimpulkan, maka ada beberapa manfaat dari perjanjian pranikah. Yaitu sebagai berikut :

1. Menghindari konflik harta suami dan istri
Harta istri dan suami memang merupakan harta bersama, tetapi sebenarnya dapat dipisahkan sendiri-sendiri untuk berjaga-jaga sesuatu yang tidak diinginkan. Terlebih jika Anda mau membuat sertifikat resmi untuk masing-masing harta, dengan begitu akan lebih jelas nantinya mana saja harta suami dan istri. Ketika berpisah, atau ketika ada masalah, suami dan istri sudah tahu mana yang termasuk kekayaannya secara sah.

2. Melindungi kesepakatan yang dibuat sebelum menikah
Kesepakatan sebelum nikah tentu saja bukan sekadar perkara harta. Bisa jadi masalah prinsip dan lain hal. Misalnya, usai nikah istri tetap boleh bekerja, atau jika ada yang berselingkuh, apa yang harus dilakukan. Intinya, komitmen dan janji-janji sebelum menikah akan lebih terjaga daripada sekadar hanya dibicarakan begitu saja.