Kamis, 19 Desember 2019

Tips Mencari Hunian Di Pameran Properti Rumah

Memburu lokasi tinggal murah tetapi nyaman pasti bukan hal yang mudah. Biasanya banyak perusahaan yang membuka pameran yang jual properti rumah yang dapat dikunjungi oleh masyarakat.

Tips Mencari Hunian Di Pameran Properti Rumah

Pada pameran properti biasanya banyak developer menawarkan sekian banyak promo unik mulai dari lokasi tinggal yang murah mulai dari Rp 200 jutaan, sampai rumah bebas duit* muka atau Down Payment (DP).

Tak melulu soal itu,bagi masyarakat yang punya minat juga berpeluang mendapatkan penawaran berupa gratis ongkos Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Akta Jual Beli (AJB), dan provisi bank. Dan subsidi lokasi tinggal puluhan juta.

Dalam melakukan pembelian atau menggali hunian dalam pameran properti rumah  bukan perkara mudah. Terkadang sekian banyak promosi dan penawaran unik menjadi bagian yang menggiurkan. Akan namun usahakan ketahui terlebih dahulu trik dan teknik yang tepat dalam melakukan pembelian properti dalam ajang pameran.

Sebab, tidak boleh sampai tergoda dengan promosi yang unik tetapi tak dekat dengan apa yang diinginkan, seperti tempat yang tidak jauh, tipe rumah, luas tanah, sampai bangunan dan sekian banyak fasilitas penunjang lainnya.

Lalu bagaimana sih tips mencari rumah saat ada pameran properti? Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan.

1.Tentukan dulu tempat incaran
Dalam pameran properti rumah berskala besar, bakal ada beraga, developer yang menawarkan properti di sekian banyak lokasi. Sebelum mengunjungi pameran, pastikan Anda sudah memiliki tempat incaran. Karena bila tidak begitu, bisa-bisa Anda terdistraksi dan justru pergi ke booth yang sebetulnya tak cocok dengan keinginanmu.

Akhirnya waktu dan energi juga terbuang. Sedangkan ketika Anda telah memutuskan tempat mana saja yang diincar, Anda dapat fokus menggali penawaran terbaik dari tempat yang sudah diinginkan.

2.Cocokkan dengan kondisi finansial
Setelah menilai lokasi, cocokkan dengan kondisi finansial Anda. Supaya perburuan lokasi tinggal murah berlangsung dengan efektif di pameran properti rumah, tentukan perkiraan yang bakal dikeluarkan untuk melakukan pembelian rumah. Kalau bisa, kamu pun sudah tahu tipe seperti apa yang bakal dipilih.

Dengan begitu, ketika pengembang menawarkan lokasi tinggal dengan harga di atas bujet, Anda dapat langsung berpindah dan menggali informasi penawaran berbeda yang cocok dengan preferensimu.

3.Tentukan teknik pembelian
Sama seperti melakukan pembelian rumah dengan teknik biasa, melakukan pembelian rumah murah melewati pameran properti rumah pun ada beragam pilihan pembayarannya. Beberapa di antaranya seperti melakukan pembelian secara tunai atau dengan kemudahan KPR. Jika Anda memilih KPR, seringkali developer akan menyerahkan opsi DP rendah.

Sebaiknya Anda perhitungkan dulu matang-matang angsuran yang mesti dibayarkan per bulannya. Apabila Anda memilih DP rendah, otomatis angsuran bulanan juga akan lebih banyak ketimbang Anda memberikan DP besar.

Untuk itu, sekali lagi tidak boleh mudah tergiur dan sesuaikan dengan situasi keuanganmu.