Kamis, 09 Januari 2020

Penyebab Umum Gangguan Bipolar


Bipolar disorder merupakan gangguan yang seringkali muncul pada masa akhir remaja dan awal masa dewasa. Setidaknya, terdapat setengah hari timbulnya gangguan bipolar dan mereka pada umumnya berusia di bawah 25 tahun. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan keadaan tersebut dapat ditemukan pada anak dan juga orang dewasa. Anda disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai informasi lebih detail.
Penyebab Umum Gangguan Bipolar
downtoearth.org.in
Penyebab Bipolar
Penyebab umum gangguan bipolar sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, terdapat dugaan bahwa keadaan tersebut merupakan dampak dari adanya ketidakseimbangan pada neurotransmitter, yaitu senyawa alami yang berfungsi mengendalikan fungsi otak.
Faktor yang memegang peran terjadinya ketidakseimbangan neurotransmitter adalah genetik, fisik, lingkungan dan sosial memiliki dan diduga menjadi penyebab dari gangguan bipolar. Oleh karena itu, penyebab umum gangguan bipolar dapat terpicu apabila seseorang dapat mengalami peristiwa traumatis, seperti :
    Kerabat dekat yang meninggal, misalnya keluarga.
    Putus dalam berhubungan, misalnya dengan pacar dan  pasangan hidup.
    Mengalami kekerasan emosi, secara fisik, maupun seksual.
Selain peristiwa traumatis, faktor lain yang diduga dapat memicu munculnya gejala dari gangguan bipolar yaitu :
    Penyakit fisik.
    Gangguan tidur.
    Memiliki masalah rumah tangga, keuangan, pekerjaan, atau masalah keseharian lain.
    Kecanduan alkohol dan menyalahgunakan NAPZA.
Disamping itu, kemungkinan terdapat 3 faktor yang dapat menjadi penyebab umum gangguan bipolar diantaranya adalah :
    Faktor genetik
Sebesar 50 persen dari pasien gangguan perasaan mempunyai sekurangnya satu orangtua yang juga dengan gangguan mood, dan paling sering depresi berat. Kemudian jika kedua orangtua tersebut memiliki gangguan perasaan kemungkinan anak yang dimiliki gangguan mood antara sebesar 50-75 persen.

    Faktor biologis
Saat melakukan scan otak, terdapat perbedaan gambaran otak antara orang yang sehat dan orang dengan gangguan bipolar.

    Faktor lingkungan
Faktor lingkungan yang menjadi peranan penting dalam kehidupan psikososial menjadi salah satunya penyebab umum gangguan bipolar. Kondisi tersebut dapat menyebabkan perubahan biologi otak dan bertahan lama.

    Ketidakseimbangan Hormon Neurotransmitter
Beberapa ahli mengemukakan bahwa kondisi ini diduga disebabkan oleh ketidakseimbangan neurotransmitter. Neurotransmitter adalah zat yang berguna sebagai pengontrol fungsi pada otak. Neurotransmitter mencakup dopamine, serotonin, dan noradrenaline dengan fungsi mengendalikan fungsi-fungsi otak.

Sementara ini diduga bahwa gangguan bipolar dipengaruhi oleh ketidakseimbangan neurotransmitter yang diperkuat oleh bukti medis. Ketika memiliki kadar noradrenaline yang terlalu rendah, dapat memicu episode depresi. Kemudian, apabila kadar dari noradrenaline terlalu tinggi, akan muncul pada episode mania.

    Stres
Faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena gangguan bipolar yakni mengalami stres dengan tingkat yang tinggi. Bagi penderita gangguan bipolar, gejalanya muncul sewaktu-waktu. Kemudian, dari kemunculan gejala ini dapat dipicu oleh beberapa hal, salah satunya yaitu  stres berlebihan. Misalnya karena ditinggal mati oleh orang yang dicintai, karena perceraian atau putus hubungan dengan kekasih, dan karena pelecehan.

Stres jangan dianggap masalah enteng karena terbukti menjadi pemicu yang utama dalam sebagian besar permasalahan psikologis, dan termasuk dalam gangguan bipolar. Faktor lainnya yang dapat memicu kemunculan gejala dan umumnya ditemukan secaraan bersamaan dengan gangguan bipolar yaitu :

    Masalah rumah tangga, keuangan, atau pekerjaan
    Kecanduan minuman beralkohol atau obat-obatan terlarang
    Gangguan tidur
    Penyakit fisik

Tentu saja setiap orang yang mengalami penyebab umum gangguan bipolar harus mendapatkan penanganan yang tepat. Agar gangguan bipolar tersebut dapat dikendalikan dan juga dapat melakukan aktivitas sehari-hari lebih baik dan berprestasi seperti yang sudah disarankan.

Sumber : https://psyline.id/psikologi-klinis-penyebab-gangguan-bipolar/