Rabu, 29 April 2020

Tips Kredit Mobil Bekas yang Berkualitas


Tips Kredit Mobil Bekas yang Berkualitas

Tidak semua orang menjual mobil dalam kondisi bagus, meskipun begitu anda bisa menemukan mobil bekas yang bagus dengan tips yang kami berikan. Ada banyak hal yang perlu anda lakukan saat ingin melakukan kredit mobil bekas.

Nah, apa sajakah itu? Tentunya selain spesifikasi, anda harus mengecek beberapa hal yang penting. Yuk simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini:

Tips Kredit Mobil Bekas yang Berkualitas

1. Catatan Service Lengkap
Salah satu hal yang penting adalah catatan service mobil yang akan anda beli tersebut. Apakah kendaraan rutin melakukan service atau tidak? Jika memang iya, apakah catatan nya lengkap dan biasanya diservice dimana?

Service record sangat penting untuk mengetahui kondisi mobil yang sebenarnya, karena mobil yang bagus pastinya dirawat setiap bulannya. Performa mobil bekas yang rutin di service dengan yang tidak pastinya memiliki perbedaan.

2. Cek Harga
Biasanya kita percaya bahwa ada rupa ada harga, tentunya hal ini juga berlaku pada mobil bekas. Tidak berarti anda tidak bisa menemukan mobil berkualitas bagus dengan harga murah lo ya, tetapi anda harus hati-hati dalam mengeceknya.

Jika anda memang yakin dengan kondisi mobil bekas tersebut, anda bisa cek dulu harganya. Kalau memang tidak jauh dari pasaran, anda bisa mempertimbangkannya dan melakukan kredit mobil bekas melalui garasi.id.

3. Periksa Aksesoris dan Interior
Anda perlu mengecek interior lebih dulu yang biasanya memiliki AC, sistem audio, switch lampu dan lainnya. Pastikan bahwa semua componen tersebut masih bekerja dengan baik, terutama untuk fitur keamanan yaitu sabuk pengaman.

Setelah itu, kondisi interior mobil ini juga perlu anda cek, misalnya cobalah untuk duduki jok depan hingga belakang. Apakah jok tersebut nyaman saat anda gunakan? Kemudian lihat dashboard, plafon hingga karpet tersebut.

Pastikan juga bahwa bau interior nya tidak apek, karena bisa saja hal tersebut disebabkan oleh mobil yang pernah terkena banjir.

4. Cek Body Mobil
Sebelum anda melakukan kredit mobil bekas, sebaiknya anda cek dulu kondisi eksteriornya lebih dahulu. Pastikan bahwa komponen mobil seperti pintu, kap mesin, hingga kaca mobil masih orisinil atau tidaknya? Selain itu pastikan kondisi cat mobil masih bagus atau tidak pecah-pecah belang.

Hal paling penting saat memeriksa body adalah struktur rangka utama mobil tersebut. Lihat apakah rangka mobil masih prima atau ada bekas tabrakan dan lainnya.

5. Pastikan Kondisi Mesin
Kredit mobil bekas adalah ide yang bagus, tetapi anda perlu memahami mesin mobil bekas lebih dulu. Silahkan cek apakah ada kebocoran dalam komponen mesin mobil ini atau tidak?

Kualitas mesin mobil akan terasa ketika anda mengendarai di jalan raya secara langsung. Mintalah untuk melakukan test drive sehingga anda bisa cek kondisi performa mesin, rem, transmisi hingga kaki mobil tersebut.

6. Kelengkapan Dokumen
Jika anda sudah merasa cocok dengan kondisi mobil tersebut, selanjutnya anda perlu mengecek kelengkapan dokumen mobil tersebut. Periksa surat kendaraan seperti STNK, BPKB, hingga fakturnya.

Jika mobil yang anda beli tersebut mobil built-up, tanyakan form A dari mobil tersebut juga. Cocokan nomor angka dan nomor mesin mobil, sehingga bisa dipastikan bahwa surat tersebut memang asli.

7. Bawa Teman atau Mekanik Ahli
Bagi anda yang awam tentang mesin dan mobil, sebaiknya ajaklah teman anda yang memang ahli dalam mengecek mobil. Anda juga bisa mengajak mekanik yang anda percaya agar anda tidak salah memilih mobil.

Biasanya orang yang tidak mengerti tentang mesin tidak bisa mendeteksi apakah mobil tersebut baik-baik saja atau tidaknya. Kalau orang yang ahl biasanya akan langsung mengetahuinya setelah mengecek kondisi semuanya.

8. Teliti dan Jangan Buru-Buru
Membeli mobil bekas tidak perlu buru-buru kok, sebaiknya anda cek dulu secara cermat dan teliti sebelum melakukan transaksi jual beli. Bandingkan semua pilihan yang ada, dan jangan buru-buru sehingga anda tidak mendapatkan masalah kebelakangnya.

Itulah informasi tentang tips kredit mobil bekas yang bisa kami informasikan untuk anda semua. Jangan lupa bahwa membeli mobil bekas memang memiliki resiko, tetapi harganya memang jauh lebih murah.

Karena itulah anda bisa mengeceknya bersama orang yang anda percaya mengerti tentang kondisi mobil, terimakasih.