Friday, April 23, 2021

Suka Thrifting? Ke Bandung Aja!

Beberapa tahun terakhir, tren berburu pakaian bekas atau nama kerennya disebut thrifting marak digemari anak-anak muda. Ada yang berburu untuk dipakai sendiri, ada pula yang dimanfaatkan untuk ladang bisnis. Banyaknya pakaian secondhand atau bekas dari brand-brand terkenal dengan kondisi yang masih bagus menjadi salah satu alasan mereka yang mengincar pakaian bekas. Jika kamu suka berburu baju bekas, kamu dapat berkunjung ke Bandung dan menginap di FOX Bandung Hotel.

Sekitar setengah jam dari hotel, kamu dapat mengunjungi beberapa pusat thrifting di Bandung. Di mana sajakah itu? Yuk, bahas satu-satu.

Bandung Aja! fox hotel

  1. Pasar Gedebage. Siapa yang tidak tahu Pasar Gedebage? Pasar ini sangat terkenal di kalangan para penggemar thrifting selain Pasar Senen di Jakarta. Dulunya, pasar ini terletak di Jalan Cibadak dan dikenal dengan sebutan Cibadak Mol (Cimol). Sekitar tahun 2000-an, pasar ini pindah ke daerah Gedebage. Kamu dapat menemukan banyak harta karun di sini. Mulai dari t-shirt, baju pesta, sampai baju-baju untuk acara formal.

Tidak hanya pakaian, di sini kamu juga akan menemukan tas kulit hingga sepatu dari brand-brand terkenal. Jika ingin mendapatkan pakaian dengan kualitas terbaik, kamu dapat pergi ke Pasar Gedebage saat awal bulan. Soalnya, para pedagang baru mendapatkan suplai barang baru di awal bulan. Tidak usah ragu saat melakukan tawar menawar, ya! Sebagai tambahan informasi, Pasar Gedebage buka setiap hari dari pukul 09:00 sampai dengan 16:00 WIB.

  1. Pasar Jumat Salman ITB. Berlokasi di area kampus ITB, pasar ini juga cukup terkenal sebagai tempat berburu pakaian-pakaian secondhand. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp10.000 atau Rp 20.000 saja. Sesuai dengan namanya, pasar ini buka setiap hari Jumat di depan Masjid Salman ITB, dari jam 08:00 pagi sampai dengan 15:00 WIB.
  2. Pasar Kaget di Depan Masjid Pusdai. Pasar kaget ini tidak hanya menjual pakaian-pakaian bekas, tapi juga tersedia yang masih baru. Di sini, kamu akan menemukan blazer kerja, jaket, baju, celana, hingga peralatan rumah tangga. Pasar ini berlokasi di depan masjid Pusdai (Pusat Dakwah Islam), tepatnya di Jalan Diponegoro No. 63, dan hanya buka pada hari Jumat mulai pukul 07:00 pagi sampai dengan 15:00 WIB.
  3. Pasar Lilin Astanaanyar. Untuk kamu yang mengincar barang-barang antik, kamu dapat mengunjungi Pasar Lilin Astanaanyar yang berlokasi di Jalan Astanaanyar No. 328, Bandung. Sebab, di sini kamu akan menemukan peralatan-peralatan antik seperti mesin tik, televisi mini, kompor gas, kamera analog, hingga nintendo. Jam operasional pasar ini yaitu dari pukul 08:00 sampai dengan 12:00 siang.

Ternyata Bandung bukan hanya tentang udara sejuk dan tempat wisata alam, ya. Sesekali, kamu dapat melakukan wisata ke empat pasar loak di atas. Bagaimana? Kamu tertarik thrifting di Bandung?