Sunday, July 4, 2021

Apa Itu Oximeter?

Di masa covid 19 ini tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya oximeter. Oximeter ini sendiri bukan hanya dapat dijumpai di rumah sakit saja namun juga dapat dibeli secara mandiri sehingga dapat digunakan dirumah. Meski begitu tidak sedikit yang juga belum mengetahui apa itu oximeter atau alat pengukur saturasi pada oksigen. Jadi oximeter yang juga disebut dengan pulse oximetry ini merupakan alat untuk mengukur kadar atau juga saturasi oksigen didalam darah. Jadi orang yang sedang melakukan isolasi mandiri karena terkena covid dan juga terkena penyakit paru kronis sangat dianjurkan untuk mempunyai oximeter ini dirumah. Ulasan pada kali ini akan membahas lengkap tentang oximeter. Bagi anda yang sudah penasaran maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Apa Itu Oximeter?

Penggunaan Oximeter

Oximeter atau pulse oximtery ini berupa alat kecil yang bentuknya menyerupai klip. Fungsi dari oximeter ini sendiri untuk dapat mengukur saturasi atau juga mengukur kadar oksigen yang ada didalam darah. Jadi alat ini sengat penting sekali untuk dapat memantau kadar oksigen dalam darah. Dengan begitu dapat juga mencegah kondisi buruk seperti penyakit serta dapat melakukan deteksi pada gangguan kesehatan. Beberapa penyakit yang sangat berpengaruh terhadap saturasi oksigen tersebut adalah penyakit paru jenis obstruktif kronik atau disebut dengan ppok. Juga untuk radang paru paru, kanker paru paru, anemia, asma, penyakit jantung seperti misalnya gagal jantung, serangan jantung dan juga kelainan jantung kemudian juga asfiksia.

Untuk orang yang sedang mengidap sakit pernafasan kronis biasanya memang dianjurkan untuk memiliki alat ini sehingga nantinya tidak memperburuk kondisi tubuh. Fungsi oximeter lainnyay yaitu dapat melakukan deteksi pada beberapa penyakit. Oximeter ini sendiri juga dapat digunakan untuk melakukan penilaian yaitu seberapa baiknya obat untuk paru paru tersebut. dan dapat melakukan evaluasi apakah seseorang sedang membutuhkan bantuan pada pernafasannya. Alat ini juga bisa melakukan evaluasi pada seberapa efektifnya ventilator.

Alat ini juga dapat digunakan untuk melakukan pemantauan terhadap kadar oksigen yaitu selama atau sesudah proses bedah. Juga dapat digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap seberapa efektifnya terapi oksigen yang sedang dilaksanakan. Alat ini juga berguna untuk dapat melakukan penilaian terhadap kemampuan bertoleransi seseorang tersebut pada peningkatan aktivitas fisik. Alat ini juga bisa melakukan evaluasi yaitu apakah orang tersebut dapat mengalami nafas yang tiba tiba berhenti sejenak ketika sedang tidur.


Cara Pakai Oximeter

Cara pakai oximeter tentunya sangat mudah sekali dan juga sangat praktis. Cara pakainya yaitu dengan menjepitkan salah satu jemari tangan pada alat ini. pada saat jari tangan sudah dijepit kedalam alat maka alat tersebut dapat dinyalakan. Nantinya sensor yang ada pada alat oksigen ini akan menghitung berapa kadar oksigen yang dapat dibawa ke dalam darah yang ada diseluruh tubuh. Kemudian ada monitor kecil yang akan menunjukkan hasil dari kadar oksigen serta hasil dari detak jantung. Apabila hasilnya kurang dari 95% maka kemungkinan besarnya anda sedang mengalami kekurangan oksigen.

Pada masa pandemi ini tentunya alat oximeter sangatlah penting untuk penderita covid. Hal tersebut dikarenakan hipoksia menjadi salah satu bagian dari komplikasi yang terjadi pada pasien pengidap covid. Hal ini bila dibiarkan tentunya akan berujung pada kematian. Oleh sebab itu alat ini sangat dibutuhkan sekali. Itulah beberapa informasi yang membahas tentang artikel kesehatan oximeter.

Deskripsi : oximeter pada artikel kesehatan diatas ternyata merupakan suatu alat yang sangat penting sekali dan berperan besar untuk mengatasi penyakit yang berkaitan dengan paru paru atau dengan sistem pernafasan.