Saturday, July 24, 2021

Cara Merawat Anggrek Agar Cepat Berbunga

Apakah Anda tertarik untuk menambah keindahan rumah atau taman Anda dengan bunga anggrek? Jadi sebelum itu, cari tahu cara merawat anggrek agar cepat berbunga.

Anggrek merupakan tanaman hias yang digemari karena keindahannya. Ada banyak jenis anggrek dengan berbagai warna yang membuatnya terlihat cantik di taman rumah. Anggrek yang tumbuh mekar dan segar bisa Anda miliki dengan cara penanaman yang tepat. Yuk, simak cara merawat anggrek berikut ini!

Cara Merawat Anggrek Agar Cepat Berbunga

Cara Merawat Anggrek

Biasanya bunga anggrek yang di jual sudah berbentuk tanaman. Jadi anda hanya tinggal memindahkannya ke Pot Bunga. Namun jangan lupa untuk perawatannya. Berikut tips menanam anggrek dengan mudah.


Memindahkan Tanaman Anggrek ke Pot

Sebagian besar anggrek yang dibeli di toko biasanya dikemas dalam pot plastik murah dengan akar yang dikemas dalam lumut sphagnum basah. Ini jadi masalah karena tanaman anggrek butuh aliran udara untuk menghindari pembusukan akar. Maka, andaperlu tahu cara merawat anggrek yang akan dipindahkan.

Berikut beberapa tips memindahkan tanaman anggrek ke dalam pot yang bisa anda coba.

·         Jangan dipindahkan saat tanaman sedang berbunga. Jika sudah mekar, potong bagian bunga mati dan pindahkan anggrek ke pot baru.

·         Ketika anggrek keluar dari potnya, lalu akarnya menelusuri sisi pot, atau media tanamnya berkurang menjadi remah-remah, ini saatnya untuk memindahkan ke pot baru.

·         Posisikan anggrek dengan sangat pas di pot sehingga anda dapat mengambil tanaman dengan daunnya tanpa perlu menggoyahkan akarnya.

·         Pegang tanaman tegak lurus di pot baru, dan isi dengan media pot baru, padatkan dengan lembut, sekitar 2,5 cm dari atas pot. Siram dengan baik agar tanaman tetap stabil.

·         Saat memindahkan ke pot baru, periksa akarnya dan potong akar yang menghitam, berlubang, atau rusak.


Cara Menanam Tanaman Anggrek

Jangan pernah menanam anggrek di tanah pot standar. Semua anggrek membutuhkan banyak udara di sekitar akarnya. Media terbaik adalah media yang sangat ringan, keropos, dan cepat kering.

Tanaman besar dengan akar yang lebih tua lebih baik ditanam dalam media tanam yang lebih kasar. Campuran pot anggrek terbuat dari partikel kulit pohon cemara yang halus, sedang, atau kasar, yang biasanya dikombinasikan dengan gambut atau lumut sphagnum dan arang hortikultura.

Pilih pot anggrek khusus yang memiliki celah drainase yang lebar di sekitar sisi pot. Gunakan pot yang cukup besar untuk memungkinkan ruang tumbuh sekitar 2,5 cm di sekitar akar.


Beri Cahaya yang Cukup

Di habitat asli mereka, anggrek tumbuh seperti gulma. Untuk hasil terbaik, cara merawat anggrek selanjutnya adalah dengan berikan kondisi yang disukai. Beberapa spesies anggrek memiliki preferensi berbeda-beda, tetapi semua butuh keseimbangan cahaya, udara, air, makanan, dan, pot baru untuk berkembang.

Melansir Gardening Know How, tanpa cahaya yang memadai, anggrek bisa tumbuh dengan subur tetapi tidak memiliki bunga. Kurangnya cahaya pada anggrek adalah alasan umum bunga yang gagal berkembang.

Tanaman ini tumbuh subur dalam cahaya yang kuat, tetapi sinar matahari langsung dapat membakar anggrek. Cahaya terang dan tidak langsung dari jendela di bagian timur atau selatan sangat ideal untuk anggrek.

Anda bisa memerhatikan warna daun sebagai indikator yang baik tentang jumlah cahaya yang diperoleh anggrek:

·         Daun hijau cerah: tanaman yang bahagia dan sehat

·         Daun hijau tua: tanaman tidak mendapatkan cukup cahaya

·         Daun kekuning-kuningan hijau atau merah: tanaman mendapatkan terlalu banyak cahaya

Jika anda curiga tanaman anggreknya mendapatkan terlalu banyak cahaya, rasakan daunnya. Bila terasa lebih hangat daripada udara di sekitarnya, pindahkan tanaman ke lokasi dengan cahaya lebih redup.