Wednesday, August 25, 2021

Kelebihan dan Kekurangan Kipas Angin AC yang Wajib Kamu Tahu

Kipas angin AC merupakan kipas angin yang bentuk dan ukurannya seperti AC. Kipas angin AC pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan kipas angin biasa, yaitu digunakan untuk menghasilkan udara yang lebih segar dan sejuk untuk ruangan.

Kipas angin yang memiliki bentuk dan ukuran seperti AC ini banyak macamnya. Salah satunya adalah kipas angin AC karakter yang kini sudah banyak beredar di pasaran dan cocok untuk digunakan di kamar anak atau keponakan kamu. Harga kipas angin AC karakter adalah mulai dari Rp235.000 di Bukalapak.

Kipas angin AC juga memiliki beberapa keunggulan dan bisa digunakan untuk di rumah maupun di ruangan yang lebih besar, seperti ruangan kantor. Salah satu kelebihan kipas angin AC ini yaitu, memiliki model seperti layaknya sebuah AC sehingga terlihat lebih mewah dan elegan jika dibandingkan dengan kipas angin biasa.

Kelebihan dan Kekurangan Kipas Angin AC yang Wajib Kamu Tahu

Lalu, apa perbedaan kipas angin angin AC dengan AC biasa?

Perbedaan kipas angin angin AC dengan AC biasa yaitu, jika AC biasa harus menggunakan tambahan freon dan filter udara untuk menghasilkan udara yang lebih dingin dan sejuk, sedangkan kipas angin AC hanya bekerja menggunakan kipas yang ada dalamnya dan tidak menggunakan freon.

Dengan kata lain, kipas angin AC merupakan kipas angin model tower dengan bentuk AC saja.

Tentunya daya listrik yang dihasilkan oleh kipas angin AC ini pun lebih hemat dibandingkan dengan AC biasa. Ruangan di dalam rumah pun akan terlihat lebih mewah dan elegan jika menggunakan kipas angin model AC ini. Dan terakhir, perawatannya pun mudah.


Bagaimana cara merawat kipas angin AC?

Perawatan kipas angin AC ini terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu melakukan perawatan 2 minggu sekali agar kualitas udara yang dihasilkannya tetap terjaga dengan baik. Berikut cara merawat kipas angin AC:

1. Buka tutup kipas angin AC bagian depan.

2. Lepaskan filter/saringan udara yang ada di dalamnya.

3. Cuci dan bersihkan filter/saringan udara dengan air, tetapi jangan menggunakan sikat karena bahan filter/saringan udara terbuat dari serat yang mudah robek.

4. Setelah selesai dicuci dan dibersihkan, jemur filter/saringan udara tersebut hingga kering.

5. Setelah kering, pasang kembali filter/saringan udara di kipas angin AC seperti semula.

Cukup mudah, bukan? Dengan harga yang relatif terjangkau dan perawatan yang mudah, maka tidak ada salahnya jika kamu mencoba menggunakan kipas angin AC ini di rumah maupun ruangan kerja kamu.

Namun sebelumnya, simak dulu kelebihan dan kekurangan dari kipas angin model AC ini.


Kelebihan kipas angin AC:

1. Memiliki tampilan yang mewah dan elegan, karena memiliki bentuk seperti AC.

2. Memiliki sirkulasi udara yang lebih bersih dari kipas angin biasa, karena terdapat filter udara di dalamnya.

3. Memiliki cara perawatan yang mudah.

4. Memiliki konsumsi daya yang rendah, yaitu 10-30 watt.

5. Memiliki harga yang sangat ekonomis jika dibandingkan dengan AC ataupun produk pendingin ruangan lainnya.

6. Bisa menggunakan remote control untuk mengontrol kipas angin AC. Jadi, bisa mengontrol dari jarak jauh.

7. Bisa digunakan di berbagai ruangan, baik indoor maupun outdoor.


Kekurangan kipas angin AC:

1. Kualitas pendinginan di bawah AC. Lebih tepatnya, kualitas pendinginannya sama seperti kipas angin. Jadi, pendinginan tidak akan memenuhi satu ruangan, hanya satu bagian yang kena ditiup oleh angin.

2. Terkadang membutuhkan air atau es batu untuk mendapatkan hasil yang lebih dingin, karena tidak menggunakan freon.

3. Sulit untuk dipindah. Karena dipatok di satu tempat, kamu akan kesulitan memindahkan kipas angin AC ke tempat lain. Untuk memindahkannya, kamu harus membongkar pakunya dulu.

4. Produk rekondisi. Tidak ada perusahaan elektronik yang merilis produk kipas angin AC. Produk-produk yang hadir di pasaran sebenarnya merupakan produk rekondisi dari AC sebenarnya, lalu "disulap" menjadi kipas angin AC. Untuk sebagian orang, mungkin, bisa menerima kondisi seperti itu. Ada juga yang tidak.