Saturday, October 16, 2021

Panduan Pemula untuk Mengoleksi Kartu Olahraga

Sebagian besar kartu olahraga awalnya adalah barang-barang promosi yang diberikan oleh perusahaan tembakau untuk mempromosikan produk mereka. Pada 1930-an, tembakau digantikan oleh permen karet dan kartu menjadi lebih fokus, karena perusahaan seperti Goudey dan Play Ball menghasilkan kartu.

Tidak sampai setelah Perang Dunia Kedua kartu yang mulai diproduksi oleh perusahaan secara teratur, pertama dengan Bowman pada tahun 1948, kemudian dengan Topps pada tahun 1951.

Topps adalah satu-satunya perusahaan kartu dari tahun 1956 hingga 1980 setelah mengakuisisi Bowman. Pada tahun 1981, Fleer dan Donruss memasuki pasar, begitu pula Upper Deck pada tahun 1989. Sejak akhir 1980-an, telah terjadi ledakan set kartu, dengan masing-masing dari empat perusahaan kartu yang memproduksi puluhan set di setiap olahraga dengan berbagai label dan atur nama

Ada beberapa faktor yang harus di perhatikan dalam mengoleksi kartu olahraga, antara lain :

Panduan Pemula untuk Mengoleksi Kartu Olahraga

Ketertampilan Player / Kartu

Kunci terbesar untuk harga kartu, selalu, adalah pemain di kartu. Sementara kelangkaan dan kondisi adalah hal-hal utama yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan harga, pada akhirnya adalah keinginan pemain pada kartu yang merupakan penentu harga.


Keinginan pemain adalah produk dari banyak faktor

Pada akhirnya, keinginan pemain adalah kombinasi angka (yaitu statistik karir mereka), faktor regional, dan kualitas tidak nyata tertentu. Dalam banyak kasus, pemain ofensif yang dianggap sebagai yang terbaik dalam olahraga mereka adalah mereka yang memiliki nilai terbesar (satu-satunya pemain defensif yang bernilai adalah pitcher strikeout dan kiper sesekali, seperti Patrick Roy.) Lebih banyak faktor yang mempengaruhi harga termasuk kelangkaan dan kondisi.


Kondisi

Dalam banyak koleksi, frasa ini digunakan bahwa "kondisi adalah segalanya." Ini juga berlaku untuk pengumpulan kartu seperti Panini NBA Cards. Hanya ada sedikit kartu olahraga langka. Sebagian besar dapat memiliki relatif mudah dengan harga tertentu. Namun yang jarang terjadi adalah kartu lama dalam kondisi baik dan kartu baru dalam kondisi "sempurna".

Dalam kartu, kondisi ini berkaitan dengan 3 faktor utama:

·         Semua cacat pada kartu saat dicetak

·         Ada cacat pada kartu saat dipotong

·         Setiap cacat pada kartu setelah meninggalkan paket

Sebagian besar kerusakan kartu yang mempengaruhi keputusan adalah hasil dari penanganan kartu setelah mereka meninggalkan kemasan awal mereka. Sebelum itu, bagaimanapun, cacat dapat terjadi ketika kartu dicetak ke lembaran besar (seperti gambar ganda) atau ketika lembaran dipotong menjadi kartu individu (masalah yang menghasilkan isu-isu pemusatan.) Pada akhirnya, semua orang menginginkan kartu yang paling menarik .


Kelangkaan

Ketika masa depan Hall of Famer Honus Wagner, pembenci seumur hidup dari merokok, mengetahui bahwa kartu tembakau telah diproduksi dengan rupa-Nya, ia mengambil tindakan agar kartu ditarik dari distribusi.

Hanya segelintir yang masih beredar. Saat ini kartu bisbol paling berharga yang ada karena yang diinginkan dari subjek dan kelangkaannya yang besar, mungkin contoh utama dari prinsip kelangkaan di tempat kerja.

Perusahaan kartu modern telah mengambil kelangkaan ke tingkat baru dengan kartu insert, kartu khusus terbatas dalam produksi mereka untuk mendorong penjualan paket. Kelangkaan sisipan ini (kadang-kadang hanya 1-5 dibuat) yang pada akhirnya mendorong harga dan harga paket dan perangkat mereka.


Tempat Membeli Kartu

Ada dua cara utama untuk membeli kartu, salah satunya adalah paket atau kotak yang belum dibuka, dan yang lainnya di pasar sekunder sebagai kartu individu. Tentunya, metode pertama dapat menjadi yang termurah jika Anda beruntung, sedangkan metode kedua adalah satu-satunya jaminan untuk mendapatkan kartu yang Anda inginkan tetapi Anda akan membayar mendekati nilai pasar.

Pada satu kali paket kartu bisbol dapat dibeli di toko kelontong di sudut manapun, ini sebagian besar berubah. Sementara toko-toko rantai yang lebih besar, seperti K-Mart, memang membawa pilihan terbatas kartu baru, itu adalah toko hobi khusus, yang hanya fokus pada kartu olahraga (atau kadang-kadang koleksi lain seperti buku komik juga) yang melakukan sebagian besar kartu serius bisnis.

Bahkan ada perbedaan antara paket yang belum dibuka dan kotak yang dibeli di toko ritel dan toko hobi. Paket toko hobi terkadang memiliki sisipan yang tidak termasuk dalam paket ritel. Toko hobi juga, tidak seperti toko ritel, adalah tempat untuk membeli kartu dan set yang lebih lama.

Di luar toko, ada sejumlah tempat untuk membeli kartu baru dan lama. Ada ribuan pameran kartu olahraga di seluruh negeri setiap tahun, terutama di pusat konvensi dan pusat perbelanjaan.

Beberapa di antaranya adalah peristiwa besar dan bergengsi, termasuk bintang masa lalu dan masa sekarang, sementara yang lain adalah urusan sederhana dengan kelompok yang sama dari para dealer dan kolektor yang bertemu secara teratur. Lelang kartu olahraga adalah tempat bagus lainnya, baik itu diadakan secara langsung, melalui telepon, melalui surat, atau online.